Mindset Kuno Penjajah Ekosistem Software Development Indonesia
Mindset Kuno Penjajah Ekosistem Software Development Indonesia - Part 3

Mindset Kuno Penjajah Ekosistem Software Development Indonesia - Part 3

3. Tidak bisa menerima ketidak-pastian

As far as the propositions of mathematics refer to reality, they are not certain; and as far as they are certain, they do not refer to reality.
— Albert Einstein

Mindset kuno ini datang dari anggapan bahwa: software development sama seperti proyek konstruksi bangunan. Hal ini disebabkan karena sejak kuliah kita sudah diedukasi untuk mengembangkan software menggunakan metoda prediktif, metoda sama yang digunakan dalam proyek konstruksi bangunan. Berbeda dengan proyek konstruksi, dalam dunia software development perkembangan teknologi terjadi begitu pesat yang menyebabkan software development semakin kompleks sehingga semakin meningkatkan learning curve bagi software developer. Kompleksitas dan learning curve ini meningkatkan ketidak-pastian dalam software development.

Salah satu manifestasi cara berpikir yang tidak bisa menerima ketidak-pastian adalah Deadline Driven Development (DDD). Sebenarnya tidak ada yang salah dengan deadline, tetapi cara berpikir yang f*cked up adalah ketika :

  • Deadline ditentukan sepihak tanpa berkonsultasi dengan software developer.
  • Deadline yang tidak memiliki alasan dan tujuan bisnis yang jelas, hanya tanggal yang secara tidak sengaja jatuh dari langit ke otak pimpinan perusahaan.
  • Estimasi dari software developer langsung dikonversi menjadi deadline.
  • Deadline dan ruang lingkup pekerjaan dikunci mati secara otoriter.
  • Deadline digunakan sebagai motivator agar software developer tidak malas-malasan.
  • Deadline dianggap dapat membuat software delivery lebih mudah diprediksi.

It is far better to have an approximate answer to the right question, which is often vague, than the exact answer to the wrong question, which can always be made precise.
— John W. Tukey

Mari ajarkan software developer untuk berbohong

estimate (v): to guess or calculate the cost, size, value, etc. of something.

Yang namanya estimasi pasti ada ketidak-akuratan. Ironisnya software developer di Indonesia sering kali dipaksa untuk memberi kepastian estimasi di lingkungan yang penuh ketidak-pastian. Dalam dunia kedokteran hal ini adalah pelanggaran kode etik. Kita yang berada di posisi manajerial secara tidak langsung sudah mengedukasi software developer untuk berbohong, dan hingga hari ini kita tidak merasa ada yang salah dengan hal tersebut. Kalaupun kita tidak mengedukasi mereka untuk pintar berbohong, kita telah mengedukasi mereka untuk mengambil jalan pintas yang berdampak pada menumpuknya technical debts di dalam software. You should never force certainty on uncertain situations or you will end up with technical debts. Secara tidak langsung kita sudah mengembangkan software developer dengan mentalitas “kualitas bukan yang terutama tetapi murah-meriah lebih penting”.

Sifat pekerjaan software development memiliki banyak ketidak-pastian dari sisi manusia, sisi teknis dan sisi bisnis. Ketiga hal ini yang menyebabkan pekerjaan software development tidak dapat diprediksi. Dalam software development estimasi memiliki faktor ketidak-pastian yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan estimasi proyek membangun rumah.

Cara berpikir yang natural dalam software development adalah :

When plans are fixed, effort gets directed to curbing change so the plan will still be correct. Predictability does not come from predicting. Delivering continuously will make software delivery more predictable.

Kita telah dididik untuk memprediksi masa depan yang tidak terbatas menggunakan observasi naif dan pengetahuan dari masa lalu yang terbatas. Hati kita harus ikhlas untuk menerima ketidak-pastian bila kita ingin melihat kemajuan di ekosistem software development di Indonesia dalam beberapa tahun ke depan.

Bersambung...

MITOS KUNO PENJAJAH EKOSISTEM SOFTWARE DEVELOPMENT INDONESIA

1Software developer adalah pekerjaan kasta bawah

2Obsesi mengukur software developer

3. Tidak bisa menerima ketidak-pastian

4. Yang penting jalan dulu deh

5. Kekuatan politik selalu menang

---

 

 

...Ref : https://medium.com/modern-management/5-mindset-kuno-penjajah-ekosistem-software-development-indonesia-47e17f33cbe3...

asd

Share This

Comments